Thursday, August 29, 2013

Lokakarya PNPM Mandiri Perkotaan Tingkat Kota Jakarta Utara


A. Tujuan Lokakarya
Tujuan Lokakarya PNPM Mandiri Perkotaan tingkat Kota adalah mengkonsolidasikan  peran dan tanggung jawab Pemerintah Kota untuk menjaga kesinambungan sinkronisasi kebijakan dan sinergi program penanggulangan kemiskinan. Harmonisasi penyelenggaraan program penanggulangan kemiskinan sampai pada proses alih kelola kepada Pemerintah Daerah dengan melibatkan masyarakat dalam proses perencanaan dari bawah (bottom up planning) dan implementasi kegiatan. 
Secara umum tujuan dari lokakarya Review PNPM-Mandiri Perkotaan tingkat Kota adalah meningkatnya pemahaman yang utuh dari seluruh stakeholder PNPM-MANDIRI PERKOTAAN di tingkat Kota terhadap visi, misi dan strategi pelaksanaan PNPM-MANDIRI PERKOTAAN termasuk berbagai tantangan pembangunan yang dihadapi, maupun peran yang harus dilakukan dalam rangka penyelenggaraan program penanggulangan kemiskinan.Secara khusus tujuan dari lokakarya review PNPM-Mandiri Perkotaan tingkat Kota adalah:
  1. Terbangunnya penyamaan pemahaman peserta tentang konsep PNPM-Mandiri Perkotaan dan keterkaitannya dengan upaya penanggulangan kemiskinan yang ada di tingkat Kota
  2. Terbangunnya pemahaman peserta tentang fungsi, tugas dan perannya masing-masing dalam pelaksanaan program PNPM-Mandiri Perkotaan
  3. Terbangunnya koordinasi antar stakeholder untuk pelaksanaan program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (PNPM-Mandiri Perkotaan) 
  4. Adanya Rencana Tindak Lanjut (RTL) bersama untuk pelaksanaan, monitoring dan supervisi kegiatan PNPM-MANDIRI PERKOTAA.

B. Output Lokakarya
  1. Para pemangku kepentingan (stakeholder) terkait dengan PNPM Mandiri Perkotaan (Pemerintah, Swasta dan Masyarakat), termasuk Konsultan (Tim Korkot dan Tim Faskel) berperan maksimal dalam pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan 2013
  2. Terjadi proses pembelajaran terhadap program nangkis yang telah berjalan, baik program pusat maupun program daerah, identifikasi faktor keberhasilan untuk diadopsi dalam berbagai program.  
  3. Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara untuk menegakkan Good Governance dalam program – program penanggulangan kemiskinan dan perencanaan pembangunan daerah.
  4. Kota Administrai  mampu berkolaborasi menentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk sinergi baik berupa konsolidasi program – program penanggulangan kemiskinan, IPM MDG’s maupun sinergi perencanaan masyarakat ke dalam musrenbang.
  5. Rencana aksi keberlanjutan kelembagaan di tingkat Pemda Kabupaten/Kota. 
  6. Rencana aksi keberlanjutan kelembagaan di masyarakat (BKM dan KSM), 
  7. Rencana aksi keberlanjutan dalam pengelolaan aset tridaya, 
  8. Adanya kesepakatan pembagian peran, fungsi dan tugas dari seluruh peserta untuk pelaksanaan PNPM- Mandiri Perkotaan. 
  9. Adanya Rencana Tindak Lanjut koordinasi pelaksanaan PNPM-Mandiri Perkotaan antar instansi peserta lokakarya. 
  C.  Tahap Pelaksanaan 
Waktu Lokakarya: Lokakarya Review PNPM-Mandiri Perkotaan tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis tanggal 28-29 Agustus 2013 
Lokasi Lokakarya: Lokasi penyelenggaraan Lokakarya Review PNPM Mandiri Perkotaan tingkat Kota Administrasi JAKARTA UTARA dilaksanakan di Ruang Pola Lt 2 Kantor Walikota Jakarta Utara.
Narasumber Lokakarya: Narasumber pada kegiatan lokakarya PNPM Mandiri Perkotaan sebanyak 4 orang, masing-masing adalah Ari Hariyadi. dari TA. Sosialisasi KMW OC3 Provinsi DKI Jakarta . Bowo Laksono dari Kanppeko Jakarta Utara,  Zamrud Abidin dari Ketua Forum LMK Kota Jakarta Utara dan  Abdul Bahder Maloko Tim Askot CD Mandiri  Jakarta Utara.

<Author: Abdul Bahder Maloko>
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Koordinator Kota Jakarta Pusat dan Utara
Designed by Mas Broo | Distributed by Mas Bro Corp. Inc
Posts RSSComments RSS
Back to top
Website PNPM Mpk Jakarta Pusat dan Utara dapat juga diakses di www.pnpm-pustara.blogspot.com